Sosialisasi Jabatan Fungsional di Dinas Perumahan Kawasan, Permukiman dan Pertanahan

Pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024, Pukul 09.00 sampai dengan selesai telah dilaksananakan Sosialisasi Jabatan Fungsional, di Ruang Aula Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tengah. Yang di sampaikan oleh Narasumber dari Kementerian PUPR, BKD dan BIRO ORGANISASI Adapun hal-hal disampaikan sebagai berikut:

  • Jabatan Fungsional Penata Kelola Perumahan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang, untuk melakukan kegiatan Penatakelolaan Perumahan. Termasuk dalam klasifikasi atau rumpun manajemen dengan kategori keahlian. Penata Kelola Perumahan memiliki unsur dan sub unsur kegiatan Pengaturan dan Perencanaan, Pembinaan dan Pemberdayaan, Penyelengaraan Manajeman Perumahan.
  • Jenis Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional terdiri dari Penyesuaian/Inpassing, Perpindahan dari Jabatan Lain, Pengangkatan Pertama, Promosi, Penyetaraan Jabatan. Alur Penilaian Kinerja JF terdiri dari menyusun rencana kinerja tahunan, Penilaian oleh atasan langsung, Konversi nilai Predikat Kinerja ke AK, Penetapan PAK periodik/tahunan.
  • Pembangian tugas pada Jabatan Fungsional diserahkan oleh Kepala Bidang dengan membuat Surat Tugas tentang Sistem Kerja atau SK dan ditanda-tangani oleh Kepala Dinas. Kepala Bidang bisa menunjuk Pelaksana dalam tim Sepanjang dia dianggap mempunyai kompetensi.
  • Mekanisme Perpindahan Jabatan Fungsional yaitu PNS yang dapat diangkat menjadi Pejabat Fungsional Penata Kelola Perumahan wajib mengikuti dan lulus uji kompetensi. Terkait penyelenggaraan uji kompetensi calon peserta mengajukan usulan yang ditanda-tangani pimpinan unit kerja minimal Pejabat Pimpinan Tinggi Pertama ditujukan kepada Sekertaris Direktorat Jendral Perumahan dengan syarat berstatus PNS, Berijaza paling rendah S-1, memiliki pengalaman dibidang tersebut paling lama 2 (dua) tahun, harus sesuai dengan batas usia yang ditetapkan dan melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Pendaftaran dapat diakses 24 jam melalui laman bit.ly/UKOMPKP
  • Mekanisme Kenaikan Jenjang yaitu uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan dapat diikuti oleh Pejabat Fungsional yang telah memenuhi angka kredit kumulatif dengan syarat dokumen Surat Usulan Uji Kompetensi, SK Jabatan Fungsional, SK Pangkat Terakhir, Penetapan Angka Kredit (PAK) terakhir, SKP 2 tahun terakhir. Pendaftaran dapat diakses 24 jam melalui laman bit.ly/UKJPKP
  • Rekomendasi usulan Jabatan Fungsioanal Penata Kelola Perumahan pada Bidang Perumahan Ahli Pertama 9 Formasi, Ahli Muda 6 Formasi, Ahli Madya 3 Formasi. Bidang PSU Ahli Pertama 9 Formasi, Ahli Muda 6 Formasi, Ahli Madya 3 Formasi

Demikian beberapa hal yang disampaikan dalam pelaksanaan Sosialisasi Jabatan Fungsional dan semoga dapat memberikan manfaat bagi PNS lebih khusus terhadap Jabatan Fungsional Teknis Lingkup Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tengah.

Foto Bersama

 

Tinggalkan Balasan